Selamat Ulang Tahun adikku sayang

14 Agu

Bertepatan dengan hari Pramuka, adik keduaku ini berulang tahun. Tina. Bukan singkatan dari Agustina, tapi singkatan dari Martina. Martina adalah nama seorang suster, guru SD-nya mama yang katanya sayang sekali sama mama. Dan kebetulan juga ada seorang kakak mama yang baru meninggal waktu itu yang bernama Tino.

Adik keduaku ini adalah perempuan yang TOMBOY!!! (Aku juga menganggap diri sendiri tomboy, tapi kayaknya masih kalah deh…soalnya dia tidak akan pernah memakai rok, selain ke gereja hehehe)
Kadang kita ledek dia, mungkin karena mama dan papa ingin anak laki-laki maka kamu (anak ketiga) jadinya begitu…dsb.

Nakal!! Pernah adik pertama saya, Novi, waktu itu mencari Tina di TKnya. Cari-cari tapi tidak ketemu, jadi bertanya pada suster…. Dan oleh suster disuruh mencari di atas pohon ….. benar saja, dia ada di atas pohon. )(‘&(%&’%$$# Karena nakalnya sampai mungkin suatu saat ada yang kelepasan mengatakan

“Kamu anak pungut dari tempat sampah. Lihat kamu yang paling hitam kan?”.

Dan suatu malam dia tanyakan pada mama…

“Mama benarkah aku anak yang dipungut dari tempat sampah?”.

“coba lihat tangan kamu… bandingkan warnanya dengan mama. sama tidak? ”

“sama”

“nah sama toh… kamu dibilang begitu karena kamu nakal sih. Tapi kamu tetap anak mama.”

Tapi memang ejekan selalu bertubi-tubi datang. Mungkin dengan maksud bercanda. Sampai kakek kami pernah memanggil dia Tamil Tambi!… kalau dipikir sekarang sadis juga ya. Dan karena dia orangnya cuek, maka semua tidak pernah berpikir itu menyakiti hatinya. Padahal menurut saya, dia sempurna. Satu-satunya di keluarga kami yang jago di bidang olahraga dan musik. Olahraga memang dimulai karena  dia asthma. Basket, SoftBall, Shorinji Kempo.  Dia juga bisa bermain gitar dan piano. Saya katakan bisa, karena dia tidak pernah belajar di kursus.  Musik yang pertama dia kuasai karena belajar dan latihan terus adalah recorder (suling). Secara rutin grup ansamble dari SD kami di bawah pimpinan Pak Cheppy Soemirat berlatih di rumah kami. Sampai dia sering muncul di TV dalam acara Bina Musika.  Dia juga pernah membuat grup band putri dan mengikuti lomba kemudian mendapat juara ke dua. Dia memainkan bass dan vokal. Tidak tahu lagu apa yang dibawakan, tapi saya ingat dia pernah berlatih lagu rock (something begin with one, two, three rock… duh lupa deh)

Selain jago sport dan musik, dia satu-satunya di keluarga kami yang pintar sekali berhemat dan mengelola keuangan. Jadi kalau kami, anak-anak merencanakan untuk membeli hadiah untuk papa dan mama, pasti uang kami di poolkan ke dia untuk di-manage…  Dan satu sifatnya yang sulit sekali saya contoh, adalah gigih sekali berusaha untuk mendapatkan sesuatu. Dia belajar bahasa Jepang dalam waktu relatif singkat, hanya untuk menyusul saya ke Tokyo, dan mengambil master of Architect di Yokohama National University. Meskipun sudah diberitahukan bahwa dia tinggal “gratis” bersama saya, dan tidak usah memikirkan biaya kuliah, dia gigih mencari beasiswa…. dan akhirnya dapat dari Rotary Club, dan juga -arbaito mengajar bahasa Indonesia, tanpa bantuan dari saya. Murid dia, sama sekali tidak ada hubungannya dengan saya. Kegigihannya ini benar-benar cocok untuk bekerja di Jepang deh…. Dan mungkin karena kegigihannya inilah dia bisa menjadi seorang programmer di sebuah perusahaan asing (USA) di Jepang.

I really love her and her character. Karena itu saya dari kecil lebih bisa share kamar dengan Tina, daripada adik saya yang satunya. Yang pasti saya pernah menangis dan minta maaf ke dia, waktu berkelahi soal sesuatu dan saya pukul dia dengan sapu lidi. Begitu saya lihat kulitnya baret memerah….. duh… what have I done? Aku langsung minta maaf dan dengan tenangnya dia bilang, ” Ngga sakit kok, keliatannya aja seperti sakit…..” Duh adikku ini…..dan kalau dipikir memang dia yang paling banyak dibawa papa ke emergency room, dan paling banyak jahitan di dagu, lutut, dan mungkin bagian tubuh lainnya. Betapa sering dia jatuh, entah dari mobil jeep papa (karena semua meninggalkan dia sendirian dalam mobil, jadi dia loncat sendiri), atau dari pohon  (main ayunan di pohon belimbing, kok bisa terjungkal ya?) … bahkan pernah ketiban daun pintu jati (heran banget deh kok bisa copot tuh pintu yang berat itu)

So, tante Titin~~~, don’t force too much with your work. Hodo-hodoni …. Kai and Riku need you sometimes, jadi sering-sering datang ke Nerima ya. Aku juga kadang butuh bantuan dan dukungan… I remember called her early in the morning, just crying karena stress. Dan dia langsung datang. Amat sangat lain hidup kita ini, jika kita tahu bahwa ada saudara kita selalu di dekat kita. Meskipun agak berjauhan, telepon juga paling sekali sebulan, tapi dengan kesadaran bahwa within 1-2 hours kita bisa bertemu… hidup di negara asing ini bisa tertahankan. Yang pasti lebih cepat daripada 7 jam terbang ke Jakarta.

We love you, and Happy Birthday (don’t count please!!! just enjoy—). I promise I will make a black forest cake for you, as soon as I arrive in Tokyo.

9 Replies to “Selamat Ulang Tahun adikku sayang

  1. Horeeee bakal dapet black forest!!!!

    Koresksi, bukan Tamil tapi Tambi (India juga sih). Tapi ada berkahnya karena dari ber-4 cuman gue loh yg dah pernah ke India, walaupun cuman Mumbay. Trus waktu maen ayunan itu talinya copot, bukan terjungkal he..he..he.. Perasaan nggak montok2 amat kok waktu itu. Maklum ayunan handmade.

    Ma kasih ucapannya. Dah kangen nih ama Riku and Ikyu..eh..Kai!!!
    (Kai nggak marah kan gue botak-in?…)

    hehehe mau black forest aku atau avril de berg? Sudah dikoreksi Tambi nya…. Si Kai udah 5 mm rambutnya hehheh…

  2. This is so sweet….
    Dalam waktu singkat, it reminds me of my own sister. I love her too….

    And happy birthday, Tina-San!
    Segala doa dan pengharapan yang indah dari lala buat tante tercintanya Riku dan Kai…..

    terima kasih la….udah sembuh belum?

  3. HHmmm …
    Seorang kakak yang sayang sekali sama adiknya…
    And I think adiknya pun sayang sekali sama kakaknya …

    You both are great creatures … !!!

    Selamat Ulang Tahun Tina …

    hehehe aku dan tina lahir tgl 14, Novi dan andy lahir tgl 20 …mungkin jadinya pair gitu ya? Terima kasih mas……

  4. hebat ya..wow keluarga yg hebat, perlu kerja keas utk mendpatkan apa yg kita inginkan emang, aku pengen bgt kaya gitu. kapan aku bisa dapet beasiswa S-2…

    hmm dewi, kamu kan guru ya… biasanya ada loh program teachers training ke jepang selama 1 tahun . memang bukan degree sih, tapi kalau mau bisa tanya ke kedutaan. Ada teman aku yang dapat selama 1 tahun (pake bahasa Inggris)

  5. Hai aku dah kembali ke rumah di ERABUUU, dan udah bisa pakai pasokon dan akhirnya bisa baca blog ini deh, yokattaaaa !
    Ya, selamat ultah Tina ya, tadi aku juga kirim E-mail ke dia.
    Aku juga suka sekaaaaliiii sama Tina, jadi kangen deh sama Tina dan kue yang Imelda bikin. ^^ Harus join ya, kalau mau ada birthday party ! ^0^

    Okaerinasai…. pasti enak ya kembali ke pulau heheheh. yokatta sudah bisa pakai komputer. Kalau mau makan black forest harus ke Tokyo tuh… kapan? aku buat lagi khusus untuk Ao-kun deh.

  6. Duh, lagi-lagi tambah ingin hidup sebagai orang Indonesia deh saya.

    Saya kira mbak beruntung sekali bisa nyayang-menyayangi dengan keluarga.
    Makanya mbak berbaik hati ya.
    Kalau manusia nggak disayangi, mana bisa tahu bagaimana caranya menyayangi seseorang.
    Iya kan?

    Btw, Tina san adalah wanita yang serba bisa ya. Keren sakali dia.
    Dan cantik banget!
    Andai aku cowok, pasti mancalonkan diri sebagai pacarnya.

    Selamat ulang tahun, Tina san!

  7. Wah, semangat Mbak Tina ini luar biasa deh…Perlu ditiru…
    Selamat ulang tahun ya?
    Btw, sama2 tinggal di Jepang ya?
    Tambi? Tak semua orang Jakarta tahu apa arti kata ini. Kalau orang Medan relatif akrab dengan kata ini karena banyak orang Tambi yang biasanya jualan martabak, jual susu, mie rebus (mie keling).

Comments are closed.