Rajanya buah-buahan

Rajanya buah-buahan

Di Jepang ada istilah ini….果物の王様 Kudamono no Ousama. Rajanya buah-buahan. Dan itu adalah Durian. Mungkin sedikit orang Indonesia tahu istilah ini, tapi jika Anda berada di Jepang, pasti akan mendengar istilah ini. Kenapa Durian dianggap Rajanya buah-buahan. Katanya sih karena RASA Manis nya yang kuat, Tapi karena baunya yang menyengat banyak orang Jepang tidak bisa membawa buah ini ke dalam mulutnya. Suami saya tidak bisa, dan ternyata Riku juga tidak bisa. Saya sendiri sudah menjadi alergi pada Durian, gatal hebat di leher bagian dalam jika memakannya. Tapi…ibu mertua saya suka sekali. Dan satu peringatan (pemerintah) yaitu jangan makan durian jika sedang minum alkohol, karena bisa menyebabkan kematian. Dan ini bukan tabu saja, mungkin (hipotesa saya) kadar gula yang ada dalam tubuh bisa naik tiba-tiba….

(pertamanya sih semangat…di foto terakhir mulai terlihat dia tahan-tahan tuh untuk keluarin heheheh)

Saya tidak tahu siapa yang pertama kali memastikan bahwa Durian adalah Rajanya buah-buahan, dan Manggis sebagai Ratunya. Tentu bagi setiap orang, anggapan Raja dan Ratu buah-buahan untuk dirinya akan berbeda. Bagaimana dengan Anda? Kalau saya…. Semangka (makanya bisa jadi induk semang heheheh) dan Longan atau Pear Korea. FYI, saya alergi buah rambutan, manggis dan durian. (Dulu sempat alergi kismis, tapi sekarang sudah tidak apa-apa)

7 Comments

kirain durian cuma di daerah tropis aja seperti Indonesia 😀
Raja buah2an saya? mmmm…mangga deh plus alpukat.. kalo ratunya yaaa apel, jeruk, belimbing, dan rambutan.. halah kok jadi banyak gini 🙂

hmmm mangga ya. U know 1 buah mangga bisa naik 1 kg? so aku ati-ati banget deh makan mangga. Alpukat juga biasa-biasa aja. Alpukat dengan cara makan spt di Indonesia yang pakai susu dan coklat gitu, ternyata ngga ada di LN loh. Mereka merasa aneh. Sedangkan aku merasa aneh liat mereka makan alpukat sbg salad dengan shrimp ….. lain negara lain cara sih ya

Raja buah : Durian (meski gak se ‘Gila’ adik-adik saya soal durian)…makan Duriannya tergantung mood, sih

Ratu buah : manggis…wah..kalo ini sikaaaaaaaaatttttttttttt

berarti sesuai dengan sebutannya orang Jepang ya

Ga suka durian… Benci banget sama baunya… Udah gitu, ga seger sama sekali.
Paling bete kalo Lebaran, keluarga besar beli durian satu pick up dan dimakan rame-rame.
Aku ngacir aja…. Baunya kemana-mana bikin mual 🙁

Suika? Totemo daisuki desune! Seger bow….

Nah….aku sebetulnya tidak benci durian. But…sejak jadi alergi, skr kok jadi eneg cim bau duren. Tau ngga La, sejak aku nyampe di jkt till hari ini, kamar makan di rumah ini bau duren, trus peaknya ya kemarin itu….pengen m*nt*h deh. Sekarang aku menegrti bagaimana perasaan orang-orang yang tidak suka duren. Tapi aku kalo makan es duren sih ngga alergi tuh. (misal es puter rasa duren gitu)

Durian ??
mmm aku so so
Suka banget tidak …
Doyang banget juga tidak …

satu dua biji si Ok …
Tapi kalo ampe satu Buah …
mungkin tidak …

satu buah? hmmm dulu sih bisa….

Saya juga senang durian, tapi sudah harus menahan diri karena sudah ‘tua’ dan juga kantong gak kuat … he he he. Kolega saya yg orang jepang banyak juga yg seneng durian. Sepulang dari lapangan di Lampung di perjalanan pas musim durian. Kami mampir di penjual durian pinggir jalan dan ‘pesta’ durian …

Wah kalau di Lampung pasti enak dan murah ya Pak…. asyik deh…

Wah, Riku makan durennya kok pake sendok? Nggak nyeni itu…Makan duren ya harus pakai tangan langsung. Bila perlu tangannya dijilat.
Kesukaanku thd duren naik turun. Kadang suka, kadang tidak. Kalau lagi suka ya beli aja di supermarket, tapi nggak banyak2, sekedar dua tiga potong isi dalam. Kalau satu buah duren montong? Wah aku nggak kuat menghabiskannya sendirian.
Kalau di Medan, duren murah jadi kita terbiasa makan duren sebagai lauk. Ada yang bisa makan duren pakai nasi lho…Tapi yang top markotop jika duren dibuat tempoyak alias sambal.
Wow keren banget rasanya…

yang saya pernah coba adalah makan nasi ketan dengan durian. ada juga kan lempok duren…dulu sering dapat oleh-oleh lempok duren itu…uenakkkk.

Aku sebenernya suka buah2an selain enak ya krn vitamin yg terkandung di dlm nya dibutuhkan buat tubuh kita. Tp sebelnya aku alergi sm buah2an spt rambutan, durian dan leci pdhl se-ingetku wkt msh kecil aku baik2 aja klo makan buah2an tsb tp semakin dewasa (read:tua) faktor alergen nya semakin tinggi 🙁 klo abis mkn buah2an tsb muka aku pasti bsknya langsung gatel n beruntusan deh 🙁
Klo ada info2 menyembuhkan atau at least mengurangi faktor alergi yg spt kasus ini aku mauuuuu bgt deh. Udh desperate bgt nih soalnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post navigation

Previous Post :