Kakigori – Es serut….

Hmmmm lupa saya tambahkan dalam postingan saya Summer in Japan means… bahwa es serut atau kakigori merupakan salah satu ikon musim panas.Tentu saja sama dong dengan Es serut di Indonesia, tapi isinya yang agak lain. Kalau es serut di Indonesia, yang dnegan nama macam-macam biasanya berisi buah-buahan, kolang-kaling, tape singkong, cincau dll. Nah kalau di Jepang biasanya isinya kacang azuki (sejenis kacang merah kecil direbus dengan gula) lalu sirup maccha (teh hijau) kadang diberi es krim vanila. Ini yang biasanya ada di restoran-restoran. Rasa Japanis banget deh. Tapi kalau pergi ke Festival-festival summer yang ada, yang namanya kakigori biasanya hanya berupa es serut yang diberi sirup rasa Melon, Strawberry dan Blue Hawaii. Nah hari ini tanggal 25 Juli adalah peringatan hari NATSUGORI, sama dengan kakigori (natsu =summer gori =ice). Dipilihnya tanggal ini karena sebutan Na-tsu-go yaitu 7-2-5. Dan kabarnya tanggal ini adalah hari terpanas di Jepang. Hiiii, untung saya di Indonesia ya. Bisa makan es shanghai, es teler, es merah delima, es-te-em-jeh …wah yang terakhir ini lain ya….

Hmmm mau cari es -es an dulu deh. Tergantung juga sih es nya satu atau dua atau tiga. Kapan ya aku bisa es tiga heheheh.

8 gagasan untuk “Kakigori – Es serut….

  1. putri

    Wah…kalo lihat tampilannya..
    Sruuph…srup…bikin ngiler, mbak…

    Tapi sayang di sini sedang hujan..dingin…
    Beh..penginnya yang anget-anget…
    br…….brh..

    dingin? ahhhh aku ke tempatmu deh put. pengen kelonan hihihi

    Balas
  2. nh18

    Only one expression …

    YUMMY …

    ngiler sangat …
    trainer melet-melet …
    kepingin es serut yang seger ituh …

    mas trainer melet kayak gimana ya? musti diabadikan nih kejadian langka. heheheh

    Balas
  3. gnw

    lagi batuk nih, gak boleh makan es.
    kecuali es-te-em-jeh itu 🙂

    cian gun lagi batuk ya…tuh pasti kebanyakan niup peluit tuh….

    Balas
  4. izu

    bener panes sekali hari ini di Izu island, harus pakai ac kalau tidur, nyamuk juga banyak. hampir setiap hari berenang di laut. hari ini pergi surfing, ombak bagus sebelum tropical cyclone datang

    waaaah kalo saya di tokyo, sepanjang hari pasang AC… ngga tahan euy.

    Balas
  5. Hery Azwan

    Wah, menggoda semua tuh? Gimana ya supaya bisa makan semuanya? Enaknya sih makan rame2 alias salome. Jadi bisa ngerasain semua jenis. Meksipun dikit2…

    hehehe…hayukkk tapi saya tidak tau apakah ada di indonesia ngga, japanese kakigori ini.hmmm padahal buatnya gampang kok….ide buat tea house ala japanese…. ayo sapa mau berbisnis. Model rumah teh di Jepang, bambu-bambu dengan alas beludru merah, pake payung ala Jepang. Ada teh hijau biasa, ada teh matcha, lalu kue-kue Jepang dan kakigori….hmmmm mustinya sih laku tuh.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *