Tanabata dengan Ponytail

Hampir semua orang yang berminat dengan Jepang tahu bahwa tanggal 7 Juli itu adalah hari Tanabata. Bahkan si Asep sudah memberi komentar pertama, katanya “Oooh 7 Juli selain Tanabata ternyata hari peringatan yukata juga ya?”…. Ternyata demikian sodara-sodara. Menurut tampilan i-google di komputer saya, selain hari Yukata juga hari ponytail (ikat kuda) lahhh apa hubungannya ya? Katanya sih, Kalau pakai yukata paling cocok jika rambutnya diikat kuda, lebih feminim. Ngerti juga sih, abis kan musim panas, paling enak diikat tuh rambut biar ngga kemana-mana. Tapi ada juga alasannya bahwa si Orihime itu diikat kuda, jadi sekalianlah tanggal 7 Juli menjadi hari ponytail …. emang ada-ada aja ya Jepang hihihi.

Sekilas cerita mengenai tanabata yang bisa juga dilihat di Wikipedia:

Legenda Tanabata di Jepang dan Tiongkok mengisahkan bintang Vega yang merupakan bintang tercerah dalam rasi bintang Lyra sebagai Orihime (Shokujo), putri Raja Langit yang pandai menenun. Bintang Altair yang berada di rasi bintang Aquila dikisahkan sebagai sebagai penggembala sapi bernama Hikoboshi (Kengyū). Hikoboshi rajin bekerja sehingga diizinkan Raja Langit untuk menikahi Orihime. Suami istri Hikoboshi dan Orihime hidup bahagia, tapi Orihime tidak lagi menenun dan Hikoboshi tidak lagi menggembala. Raja Langit sangat marah dan keduanya dipaksa berpisah. Orihime dan Hikoboshi tinggal dipisahkan sungai Amanogawa (galaksi Bima Sakti) dan hanya diizinkan bertemu setahun sekali di malam hari ke-7 bulan ke-7. Kalau kebetulan hujan turun, sungai Amanogawa menjadi meluap dan Orihime tidak bisa menyeberangi sungai untuk bertemu suami. Sekawanan burung kasasagi terbang menghampiri Hikoboshi dan Orihime yang sedang bersedih dan berbaris membentuk jembatan yang melintasi sungai Amanogawa supaya Hikoboshi dan Orihime bisa menyeberang dan bertemu.

9 gagasan untuk “Tanabata dengan Ponytail

  1. Hery Azwan

    Wah, aku gelap nih soal dongeng beginian…Membacanya harus lebih mendalam….Ntar komen lagi…
    Btw, url ku kok sering nggak ngikut ya kalau komen ke blog orang? Sehingga tidak bisa diklik balik. Ada ide Ime-chan?

       kalau emailnya bisa ngikut? mungkin perlu dilihat bagian privacy dari browsernya

    Balas
  2. Lala

    aahh… hari ponytail, rupanya…. aneh.. aneh banget… hehehe…
    jangan-jangan ada hari kepang dua, hari poni lempar, hari keriting papan, dll dsb.. (lah, kok malah sensi sih, La.. wekekekeke)

    eniwei,
    legendanya seru juga yaa… (masa Abang ga ngerti sih… – menghina.com – wakakaka)

    keriting papan itu kayak apa lagi? Maklum deh dari kecil udah keriting alami hihihi

    Balas
  3. ipk4cumlaude

    二号

    Banyak banget hari-hari bermakna di kalender Jepang… Iri, di Indonesia kok tiap hari lewat begitu saja, serasa tidak bermakna. Senin-Jum’at, weekend, tgl 25, eh udah ganti taon.

    hehehe 二番ですね。 ya udah ikutin kalender jepang aja

    Balas
  4. nh18

    Aduh tentang dongeng nih …
    Aku bacanya nanti aja ya …
    Mau ninggalin bekas aja …
    bahwa aku udah buka tulisan ini

    hihihi iya gpp mas. sudah ada jejaknya kok

    Balas
  5. asep

    Ooh ternyata hari ponytail juga toh. Kebetulan Jum’at depan ada perayaan Tanabata di tempat les, hunting ah, siapa tau ada yg ber-pony tail pake yukata lucu, hehehe

    kalo yang berpony tail dan beryukata lucu itu gurunya yang berumur setengah baya gimana dong ;))

    Balas
  6. Ping-balik: Apa permohonanmu? | Twilight Express

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *