Browsing via PC atau HP?

Dengan unit handphone yang dimiliki warga Jepang, selain menelepon dan mengirim sms ke sesama provider, dilengkapi juga dengan fasilitas internet, sehingga si pemakai HP bisa mengirim email dan browsing internet dengan unit handphonenya. Biasanya provider menyediakan pa-he (paket hemat) yang memungkinkan pemakai tidak usah terlalu khawatir dengan biaya koneksi internet.

Dan ternyata semakin banyak orang yang browsing internet dengan HP daripada PC. Dari survey yang diadakan oleh MobileMarketing JP pada bulan April lalu terhadap 607 responden yang berusia dari belasan sampai limapuluhan, diketahui bahwa 48%  reponden hanya memakai HP untuk browsing. Sedangkan yang menjawab melalui HP dan PC tetapi lebih sering HP ada sebanyak 82%. Untuk email, 60% hanya memakai email dari HP, sehingga jika digabung dengan yang memakai PC dan HP sebanyak 33%, maka pengguna HP terlihat jelas jauh lebih banyak yaitu lebih dari 90%.

Waktu ditanya apakah perusahaan sebaiknya mempunyai situs homepage khusus yang bisa diakses HP atau tidak, maka 67% menjawab harus. Memang untuk mengakses situs-situs dari HP perlu url khusus dengan tampilan khusus yang ringkas dengan layout khusus sehingga bisa masuk dalam tampilan layar HP. Jika membeli Homepagebuilder dari IBM, awampun dengan mudah dapat membuat situs layak tampil HP.

Dengan melihat angka-angka di atas, ada kesimpulan yang cukup mengkhawatirkan yaitu berkurangnya konsumen PC yang akan membeli komputer untuk pribadi. Karena semuanya cukup memakai HP saja, tanpa harus mempunyai PC.Bahkan HP bisa dibawa ke mana-mana (bahkan ke WC atau Kamar mandi, sambil berendam air hangat menggunakan HP). Memang HP itu sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat modern.

MobileMarketing.JPは7月3日、「携帯ユーザーのパソコン利用スタイル」に関する自主調査結果を発表した。調査は本年4月、10代から50代の携帯ユーザーを対象に携帯サイト上で行ったもので、有効回答数は607人。
同調査は、携帯ユーザーが実際にどれだけPCでインターネット利用しているのかについて調べたもの。PCと携帯電話からのインターネットアクセ ス時間を聞いたところ、48%が携帯のみでインターネットにアクセスしていると回答した。どちらかというと携帯電話での利用時間の方が長いというユーザー も含めると、約82%が携帯電話を中心にインターネット利用していることが分かった。
また、携帯ユーザーの約6割は携帯電話のメールのみを利用していると回答。33%はPCと携帯電話を併用しているが、携帯の方が多いと答えている。合計すると、9割以上の携帯ユーザーがメールは携帯電話を中心として利用していることになる。
インターネットで調べ物をする場合についても、全体の41%は携帯しか使っていないと回答。しかし男性ではPCでのインターネット利用率が高い傾向にあった。
企業が携帯サイトを持つべきかどうかという質問には、67%が「必ず必要」または「どちらかと言うと必要」と回答している。必要ではないという回答は非常に少なく、企業の携帯サイトがある程度浸透しているようだという。

10 gagasan untuk “Browsing via PC atau HP?

  1. Hery Azwan

    Produsen PC dan laptop kayaknya deg-degan juga ya…TApi tetap aja kalau mau ngetik lebih enakan pake PC/Laptop dibanding HP. Kalau sering2 ngetik di HP tangan bisa baal, eh…apa ya kata lainnya?

    baal = mati rasa? heheh iya saya paling benci untuk ngetik pakai HP. Kalau tidak penting banget jarang saya balas 🙂

    Balas
  2. nh18

    kalo aku …
    posting harus dari laptop … soalnya belum bisa copy paste words ke blog pake HP….

    sementara kalo browse dan komentar … aku kadang pake HP … seperti komen yang ini …

    memang bisa baal kalo posting pake HP walaupun keyboardnya sistem qwerty …
    baal = bengkak mati rasa… biasanya ditambah kapalen…
    (hah dibahas.com)

    (udah di jakarta lagi nih)

    lala belon komen… dia lagi sibuk ganjen-ganjenan ikut lomba nari yosakhoi (?)….

    wahhh pasti bacanya pakai PDA kan mas? Kalau layar HP biasa kan ngga muat/ngga terbaca. misalnya blog saya ini tidak akan terbaca oleh HP di Jepang karena tidak dengan format “layak baca HP”, kecuali pakai windows (PDA). Ternyata sambil nulis gini saya coba akses dr HP ke blog ini, bisa tuh, cuman tampilannya lain. Soalnya kalau ke situs jepang biasanya sulit….rupanya karena mereka banyak pakai flash, justru di halaman awal. Tapi waktu saya coba post comment 404 deh keluar. Anyway, ada format khusus spy semua tmpilan bisa terlihat dgn HP di Jepang.

    Balas
  3. gunawanwe

    asik yah kalo teknologi sudah menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari..
    utk di Jepang sendiri akses internetnya gmana mbak?
    apakah kebutuhan utk nge-net sebegitu tingginya sampe orangpun online sambil mobile ? masa gak sabaran nunggu nyampe tempat tujuan dulu baru hbs itu nyalain PC buat online.. 🙂

    akses internet dengan PC? rata-rata sudah ADSL/HTTP fiber optic 10MBps/100MBps, dan sistem paket all you can browse 24/7, dengan harga langganan dibawah 5000 yen (400.000 Rp jika rate 1 yen-80 rp). Untuk sambungan internet via HP masih mahal, kecuali ikut paket tambahan internet biasanya minimum 4000 yen di luar sambungan telepon. kebutuhan ngenet tinggi? iya dan ngga. iya bagi orang yang killing time selama bergerak naik kereta dsb, atau yang mau mengecek jadwal kereta, harus pindah di mana dsb. ngga bagi yang cukup mengirimkan email saja. Nah tempat tujuan nya mana dulu. kantor sih emang bisa, sekolah/univ juga, coffe shop? ya belum ada yang sediakan kecuali internet cafe. sedangkan di rumah sendiri belum tentu ada PC untuk masing-masing (PCnya 1 keluarga).

    Balas
  4. Mbah Justinus

    Maaf kan kalau mbah belum bisa menerima kalau pakai HP … hehehe tulisannya kecil-kecil

    Apalagi untuk mobile banking, kalau pakai HP takut salah pencet

    Maklumlah pakai PC atau laptop saja mata sudah mesti disambung pakai kaca mata hahaha

    sama dong mbah… soal mata sih mungkin masih tidak jadi masalah utnuk saya. tapi soal jari itu loh…. apa mungkin karena jari gajah ya????? 🙂

    Balas
  5. Koko

    Salam kenal,
    HP bagi gue sih cuma buat pemberitahuan doank. Oh, ada email baru. Kalau email teks sih emang enak bacanya. atau email notifikasi.
    Browsing sering juga pake Opera Mini. Tapi ya website yang bisa dikunjungi masih terbatas juga dan loadingnya kadang lambat..
    pertanyaannya apakah HP mending pake keyboard Qwerty atau tidak biar lebih enak..

    waaah kalau saya untuk pemberitahuan ada email baru malah tidak saya pakai. abis email addressnya banyak, dan banyak ikutan milis…pusing bacanya dari HP. soal qwerty, saya serahkan pada yang pakar saja ya.salam kenal juga!!!

    Balas
  6. ipk4cumlaude

    Ngenet mah mau pake apapun yg penting mah taripnya mur-mer apalagi yg gretongan kayak di mol2 or di kantor.

    kalo gretongan bukannya lelet? kalo aku internet lelet mending ngga ngenet deh 🙂 Ntar di jkt juga bakal jarang nih posting atau comment

    Balas
  7. 宮下

    eh bisa ternyata baca dan post comment dari hp

    iya bu, cepat lagi sampainya, padahal tadi tampilan di layar HP 404 eror deh.

    Balas
  8. Lala

    kalo buat posting, no way… bukan penganut paham One Page Only, jadi kalo ngetik sampai jontor tapi ntar ujung2nya ga ke-upload, takut stres.. haha…

    kalo untuk browsing, blogwalking, ngasih komen atau baca komen, yaa pake hp okay2 aja. Buat cetingan juga yuk maree. Dan ceting ini bisa mengurangi resiko kesambit roh halus karena kita jadi nggak bengong.. ^_^

    Hp dibawa ke kamar mandi? Ah ini masa lalu EmiChan.. Soalnya sejak ganti provider, ternyata sinyal di kamar mandi nggak bagus, jadinya yaaaa.. sekarnag nggak bisa ceting sambil… tiiitt (sensor) 😀

    oooooiiiiii browsing jam 12:35 wib (disini jam 2:35 sih) ….wahhh hampir salah baca loh kata yang disensor…. pikirnya ada huruf t ditengahnya….
    gubrakkkk!!! 🙂

    Balas
  9. nh18

    Maksud Lala … Ceting sambil kramas …gitu kan ?
    Baca balasan Emiko …
    Hhhmm …Emiko mulai nakal yaaa …

    iiihhh…jij bedua nakal-nakal deh weiceh …

    tapi suka kan ….hihihi

    Balas
  10. koko

    tapi memang kalau di hp lebih simplistic sih, jadi kayaknya enak aja bacanya…

    kalau nulis email lewat hp, harus kuat jempolnya..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *