Mari Masak Bersama Riku

Kemarin hari Minggu, Riku bangun jam 6:00 … “Mama kemarin janji mau buat kue kan?”

“OK!!”

So, kali ini Riku akan mengajarkan para pembaca blog ini untuk membuat kue. Namanya Ontbijtkoek. Bahasa Belanda yang artinya Kue untuk ontbijt =sarapan. Dan harus pakai bumbu spekoek supaya afdol. Juga PALMSUIKER, gula palem. Saya waza-waza bawa dari Jakarta.

Bahan:

4 butir telur (masukkan dalam cangkir/mangkok yang pas, ini akan menjadi ukuran)
1 mangkok palmsuiker (karena saya tidak suka manis biasanya hanya 3/4 nya)
1 mangkok terigu
baking powder 1 sdt
bumbu spekoek 1 sdt
dry fruits/kismis dan/atau almond slices

telur +palm suiker +baking powder + spekoek dikocok sampai mengembang

masukkan terigu sedikit demi sedikit pada adonan yang sudah mengembang, sambil diaduk satu arah perlahan. Masukkan dry fruits, masukkan loyang , dan taburi almond slices. Bakar dalam oven dengan panas 200 derajat kira-kira 20 menit. Ada yang suka masukkan mentega cair dalam adonan, tapi saya lebih suka oleskan mentega pada kue yang panas. Silakan santap panas-panas. Orang Belanda katanya sering makan kue ini dimasukkan dalam roti …aneh ya. hihihi

11 gagasan untuk “Mari Masak Bersama Riku

  1. Mbah Justinus

    Hai Riku … wah bau wanginya sampai Jakarta, opa mau dong kue nya … sedikiiiiit aja, hehehe

    Sudah bagi adikmu Kai belum ? bagi ya … dan jaga adikmu supaya nggak merusak kaset mama lagi ya

    Salam buat kamu dan Kai

    Kata Riku, “Hai!” hihihi.

    Balas
  2. Lala

    ah…… seru tuh bikin kue bareng-bareng…. *sambil mikir, kapan ya bisa gitu?* ^__^
    kapan hari ada demo alat masak di kantor buat bikin kue itu tanpa oven.. haaa…. mudah banget lho… 😀
    *bisa nyicil sampe 10 kali lagi.. hahaha*

    ngga afdol ahhh kalo ngga pake oven 🙂 duuuh 10 kali lagi…bisa-biasa loyangnya udah rusak, baru lunas 🙂 Tapi kalo lala mungkin masih terbungkus plastik waktu lunas ya hihihi

    Balas
  3. ai

    enak neh…. 😀 oisshiii
    hebat ya riku masih kecil dah hobi bikin kue…. 😀

    keahlian Riku : bikin kue (meskipun tengah2 minta bantuan…bosen megangin mixernya), bikin hot cake (pan cake) dan crepes, biskuit… trus buat peanut butter sandwich… itu semua masuk ke perut dia tuh..makanya ndut kaya mamanya 🙂

    Balas
  4. ipk4cumlaude

    Kakkoii… kecil2 udah bisa bikin kue euy. Ontbijtkoek-nya bisa dikasih nasi uduk ngga? Sarapan orang Indo dihibrid dengan sarapan orang Belanda. Hihihi…16x

    hueeeekkkk nasi uduk dikasih kue , tapi kalo om mau boleh deh 🙂

    Balas
  5. Hery Azwan

    Wah, pintar Riku-kun udah bisa buat kue sendiri. Kalau membuat kue, saya kurang tertarik….Bahannya agak sulit kaleee yee…

    mungkin ketularan mamanya buat kue sih….

    Balas
  6. Lala

    waaaa.. apa ya maksud dirimu, Emi-Chan???
    Bungkus plastikkk??????
    Belum pernah dicoba gituuuhhhhh?????
    grrrrrhhh…
    *marah… karena .. ehem.. ketauaaaannnn! hahaha*

    hihihi…. sebetulnya kan bisa juga kalimat itu memuji kalau dilihat dari positive sidenya. Berarti Lala itu bersihan karena setiap selesai dipakai masuk plastik lagi…ngga seperti saya yang dibiarin gitu aja.
    but…ketahuan ya hihihi:)

    Balas
  7. ai

    wahh…jadi bener riku bisa bikin kue sendiri, kirain itu cuman disuruh mamanya ajha megangin buat di poto trus dipajang disini…..hebat ya… 😀

    belum bisa sendiri sepenuhnya, tapi dia memang sejak umur 4 tahun sudah mulai bikin kue.

    Balas
  8. nh18

    Hmm …
    Nama kuenya …
    kalo dilafalkan menjadi …
    OM BEY KUK …

    Ini enak nih …
    Ini yang pake kayu manis itu bukan ya ?? …kok ndak ada di resepnya …
    (trainer sok tau …)

    masih komen dari Makassar …

    hehehe, iya seperti kayu manis, rasa khas kue spekulaas juga. pakainya bumbu spekoek itu. Kalau kayu manis kan masih berbentuk batangan, musti diblender lagi dong.

    Balas
  9. eNPe

    waaaaaa..Riku hebat sudah pandai bikin kue.. bu guru kalah dari Riku 🙁 *jadi malu*

    bu guru kan ngajar yang lain.:)

    Balas
  10. Menik

    kalah dah gue 🙁

    masa anak kecil ajah dah bisa bikin kue..

    huaaaaaa 🙁 🙁 🙁

    tante, panggil aku Menik sajah 😛

    kan tiap orang punya keahliannya sendiri >:D<

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *