10 Kiat menghadapi Gempa

10 Kiat menghadapi Gempa

Ada sepuluh hal utama yang sebaiknya diingat-ingat sehingga jika terjadi gempa dapat dipraktekkan. Hal ini perlu untuk mereka yang tinggal di tempat rawan gempa.

Pertama: Lindungi diri sendiri dan keluarga Anda. Biasanya gempa besar terjadi sekitar 1 menit saja. Berlindunglah di bawah meja yang kuat untuk melindungi kepala dari barang-barang yang jatuh. Alangkah baiknya menyediakan helmet di tempat yang mudah dijangkau. Jika sedang tidur, tutup kepala dengan bantal.

Kedua : matikan gas, pemanas minyak (pada musim dingin), kompor (dan perabotan yang mengeluarkan api) dan lain-lain begitu Anda merasakan ada gempa. Kecepatan Anda mematikan sumber api bisa mengurangi bencana dan korban. Biasakan untuk mematikan gas meskipun gempa kecil. Tapi JIKA GEMPA BESAR, BIARKAN API KARENA BIASANYA GAS AKAN MENUTUP SENDIRI. BERLINDUNG DI BAWAH MEJA SESEGERA MUNGKIN.

Ketiga: Jangan tergesa-gesa keluar rumah . Periksa dulu keadaan dan bersikap tenang. Tapi

Keempat: buka pintu untuk menyiapkan jalan keluar. Terutama dalam gedung beton, karena pintu mungkin tidak bisa dibuka karena berubah posisi.

Kelima: Jika Anda keluar rumah, lindungilah kepala dan menghindar dari barang berbahaya seperti papan reklame dan dinding beton. Berlindunglah di gedung yang aman, atau lapangan terbuka.

Keenam: jika Anda berada di toserba, teater atau tempat umum lainnya, ikuti petunjuk petugas. Dalam keadaan demikian akan timbul kepanikan. Usahakan jangan panik dan tetap lindungi kepala Anda. Jangan berebut keluar dari tempat tersebut

Ke tujuh: Jika sedang mengemudi parkirlah mobil Anda di kiri jalan dan dibeberapa jalan utama tidak boleh dilalui mobil pada waktu gempa.

Ke delapan: Perhatikan batu-batu yang longsor, tanah longsor dan tsunami. Segeralah mengungsi.

Ke sembilan: jika mengungsi harap berjalan kaki jangan naik mobil, dan bawa apa yang benar2 penting saja.

Ke sepuluh : Jangan terpengaruh dengan gosip yang tidak benar dan dapatkan informasi yang benar yang disediakan media masa, kantor pemerintah daerah, pemadam kebakaran dan polisi.

tambahan dari saya: —biasakan charge HP sampai penuh. Dalam keadaan gelap, cahaya dari HP amat membantu —-bawa coklat/permen/condensed milk dalam tube dalam tas Anda, lebih bagus lagi kalau membawa air dalam botol kecil.

3 Comments

informasi yang ibu berikan sangat bermanfaat, walo di Pontianak (Kal-Bar) blm pernah terjadi gempa 😀
thx

semoga jangan. tapi perlu diketahui, karena kita tidak tahu kapan dan dimana gempa akan terjadi. Pengalaman di Kobe dulu yang banyak menelan korban, karena di sana belum pernah ada gempa, jadi mrk tidak tahu bagaimana harus bertindak. Ngomong-ngomong, hari ini terjadi gempa kuat di Cina Selatan.

Wah, kiat2nya pas banget untuk menghadapi gempa. Eh, baru lihat2 kemarin, udah terjadi gempa lagi di China. Korbannya lumayan juga ya bu? Kok sekarang di seluruh dunia kayaknya sering gempa ya?

Bumi semakin tua, dan Tuhan marah terhadap umatNya? Entahlah, …Kita hanya bisa bersiap tapi Tuhan lagi yang menentukan. Oh ya nanti saya harus tulis bahwa harus persiapkan sepatu/alas kaki dekat tempat tidur karena kalau gempa terjadi banyak pecahan kaca…..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post navigation

  Next Post :
Previous Post :