Teman Bicara:Ayah?Ibu?

Teman Bicara:Ayah?Ibu?

Waktu browsing berita Jepang di net, ketemu hasil survey ini. Siapa teman bicara dalam keluarga? Jawabannya Ibu 73%, Ayah 5%. Ini menunjukkan komunikasi dalam keluarga yang menunjukkan besarnya keberadaan Ibu sebagai teman bicara dibandingkan Ayah. Survey ini diadakan oleh yayasan Blue Sea and Green Land, yayasan pengembangan remaja dalam sebuah Perjalanan Cruise 6 hari dan dijawab oleh 481 siswa dari kelas 4 SD sampai 3 SMP.

Ya jelas aja dong hasilnya begitu. Ibu yang paling sering berada di rumah. Sang Ayah paling ketemunya hari Sabtu/Minggu. Masih mending anak-anak ini masih mau berserita pada Ibunya. Yang 27% lainnya? Misalnya 27 %-5% (pada ayah) itu berarti ada 22% yang tidak menganggap ibu/ayah sebagai teman bicara. Dan untuk taraf SD-SMP 22% menunjukkan angka kritis…. bagaimana nih?

話し相手は母が73%、父は5%-。家庭内のコミュニケーションの現状について、民間団体が小中学生を対象に調査した結果、一番よく話す相手では母親が父親を大きく上回り、「お母さん」の存在感の大きさが改めて示された。

調査は洋上での体験活動などを通じた青少年育成を目指す財団法人「ブルーシー・アンド・グリーンランド財団」(B&G財団)が3月下旬、5泊6日の「体験クルーズ」に参加した全国の小学4年生から中学3年生を対象に行い、481人が回答した。[時事通信社]

3 Comments

wah, dikirain berimbang yah, soalnya biasanya kalo anak cowo itu deketnya ke ibu, sedangkan kalo anak cewe itu deketnya ke bapak,

tapi ternyata prosentasenya Ibu 73%, Ayah 5%.

berarti emang bener deh, orang yang paling dekat dengan kita itu adalah ibu.

Kalaupun tidak berimbang, presentase ke Bapak tidak sekecil itu menurut saya. Tapi ini memang kondisi di Jepang. Kalau di Indonesia mungkin hasilnya akan lain. Kalau tanya anak saya Riku, dia akan jawab Mama juga, Papa juga…. diplomatis ya hihihi. Terima kasih kunjungannya Mas.

hmmmm saya emang lebih deket dan sering curhat sama mama dari kecil… tapi begitu umur 20an dan sering berantem sama mama jadi malah lebih sering cerita ke papa de sekarang! heheh

oh ya? biasanya yang terjadi malah kebalikan. Sebetulnya sama siapa saja, Ayah atau Ibu tidak masalah. Yang penting ada komunikasi. Terima kasih kunjungannya.

HHmmm …
Ini tantangan bagi saya sebagai seorang Ayah …

Kalau di Indonesia bagaimana ya hasil surveinya ?

Yang jelas kalo liat data ini ada 22% yang curhat kemana-mana … hmmm ini sepertinya kepada teman nih …

Terus terang mas, dulu saya tidak pernah curhat ke Bapak/Ibu. Ke teman? juga tidak. Makan hati… karena saya introvert. Sekarang sih beda. Nah …. Sekarang kalau ke teman iya kalau teman yang bener, yang mau dukung dan bisa berikan advis terbaik. Di Jepang banyak situs internet yang ngajak bunuh diri rame-rame….. ngeriiiiiii!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post navigation

  Next Post :
Previous Post :