戻れない道 tak bisa mundur lagi

25 Mar

Mungkin lirik lagu dari Hiramatsu Eri ini tepat buatku sekarang. Modorenai,…aku tak bisa kembali lagi. Tak bisa mundur lagi. Kenapa?

Aku mulai membuat Blog tanggal 28 April 2005. Waktu itu aku banyak membaca blog dari teman chat di Belanda, QQ yang menceritakan “kebanyakan” keluh kesah kehidupan seorang Janda dengan 2 anak. Kadang aku ikut menangis membacanya. Kadang aku ikut membayangkan kehidupannya. Dan dari blog dia, aku juga melihat bahwa dia banyak “tamu”nya, yang juga memberikan komentar pada tulisannya. Yang hebat, dia menulis blognya dengan 4 bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Belanda dan Bahasa Ibu yaitu bahasa Batak. Satu kata untuk dia…Hebat!! Dia tidak mau menyerah pada kondisinya yang ditinggalkan suami. Dan dia mau belajar. Dia memakai blogger.

Nah, melihat dia, aku pun berpikir…. selama ini aku selalu ingin menulis, tapi… malasnya lebih besar daripada keinginan itu. Dan aku punya banyak ide atau bahan yang bisa aku tulis…asalkan ada stimulusnya. Dan kebetulan aku bertemu QQ, akhirnyapada hari libur Golden Week tahun 2005 itu, aku mulai menulis di Blogspot. Dengan nama 13 tahun. Padahal sebetulnya aku punya account blogger sudah lama, sejak 2003. Itu karena diajak teman meramaikan blog dia yang isinya puisi-puisi (terpakai hanya 2-3 kali saja).

Pertama aku pakai template yang ada. Boring…..lalu aku mencari template di Blogskin, ganti-ganti sendiri. Karena masih pakai html, masih bisa ngerti deh. Sengaja aku matikan fungsi komentar, karena aku merasa aku tidak perlu komentar orang pada setiap kegiatan yang aku lakukan. Aku juga terlalu malas untuk blogging dan meninggalkan komentar di blog orang lain. Aku juga malas membuat link tautan pada blog orang lain. Yang ada di pikiranku waktu itu hanya, Aku mau biasakan menulis setiap hari, atau paling tidak rutin.

Lama-kelamaan aku membuat beberapa halaman di blogspot juga dengan tujuan yang berbeda. Rick Days dengan isi laporan tentang perkembangan Riku dalam bahasa Jepang, dengan maksud bisa dibaca ibu Mertua. Healing Getaway, kumpulan foto dan joke/cerita yang lucu-lucu yang aku dapat dari email atau mailing list. Counting Our Blessing, kumpulan cerita rohani atau doa-doaku. IndoJapan, kumpulan artikel koran yang lucu atau bermanfaat untuk aku terjemahkan kalau ada waktu atau sebagai bahan penulisan. Lalu aku juga membuat kumpulan tulisan dari chat room Solitaire4ever.

Dari Blogger, mulai bosan, mulai membuat domain sendiri, yang dibuatkan teman, sehingga aku tinggal mengisi artikel saja….. Ini banyak terhenti, karena aku tidak tahu tulisan apa yang cocok ditampilkan. Sampai akhirnya aku ditawari tulis di WordPress, dan melihat WP seorang teman. Aku pikir…ayo buka saja yang baru, khusus cerita tentang Jepang. Seseragi. Baru kemudian setelah ngobrol dnegan teman, sampai pada kesimpulan untuk membuka WP di domain sendiri. Dan hasilnya ini.

Ternyata terbukti aku lebih senang dengan sistem blog. Meskipun aku tidak mengerti php, coba-coba plugin sudah membuatku senang. Dan aku juga butuh waktu mempelajari Feed/RSS, dan sampai hari ini aku bertemu teman di dunia maya yang webdesigner. Dari situ aku menyusuri dan menemukan MyBlogLog. Ohhh rupanya ini yang sering dipakai blogger Indonesia. Aku coba buat account, edit informasi ini itu….dan link sana link situ. Sampai aku tersentak sendiri…. Dengan memakai fungsi MBL ini, aku berarti membuka website aku pada umum. Suatu hal yang menakutkan….karena khawatir privasiku bisa terbaca. Well, aku tidak bisa retreat lagi sekarang, aku harus bisa hadapi dunia blog ini dengan segala konsekuensinya. Selama aku bisa memberikan informasi dan pengetahuan ditambah sedikit suka duka tinggal di Jepang, aku akan coba meneruskan kebiasaan menulisku. Apa salahnya? Keep going.

One Reply to “戻れない道 tak bisa mundur lagi”

  1. yup ganbette…!!

    kalo sekarang udah jago php kan…
    pengunjungnya juga dah bejibun..

    komen aja ampir 9999

    ayo kemon mbak, move forward hehehe 🙂

    ..

Comments are closed.